Pengumuman

Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Kecamatan Se-Kota Bandung

Artikel Telah Dibaca 108 Kali

Selasa, 7 Desember 2016 Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Perpustakaan bagi para pengelola kewilayahan se-kota Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Lt.3 Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung. Kegiatan tersebut dibuka oleh kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KAPUSARDA) Kota Bandung Bapak H. Adin Mukhtarudin, SH. MH. Mewakili Walikota Bandung. Adapun sasaran kegiatan ini melibatkan para pengelola perpustakaan kecamatan se-kota Bandung dengan tujuan memberikan pemahaman secara teori dan praktik mengenai penyelenggaraan perpustakaan. Sehingga, dalam kegiatan bimbingan ini terdapat pematerian tentang penyelenggaraan perpustakaan yang disampaikan oleh Siti Herta Anggia selaku pustakawan selaku Narasumber Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BAPUSIPDA) Provinsi Jawa Barat. Materi lainnya diberikan oleh Kapusarda dan Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

Setelah pematerian sesi pertama, peserta mendapatkan arahan selanjutnya untuk melakukan praktik secara langsung tentang pengelolaan perpustakaan. Pada thermin berikutnya peserta dibagi menjadi 3 tim, yaitu pengolahan buku, pendataan buku, dan pelayanan perpustakaan. Pada bidang pengolahan buku disampaikan mengenai prosedur pengolahan koleksi dari inventarisasi hingga penomoran buku. Selanjutnya pada bidang pendataan buku disampaikan mengenai tata cara pengolahan buku dengan software INLISLite (Integrated Library System) yang merupakan pengembangan software Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pada bidang pelayanan perpustakaan disampaikan pula mengenai tata cara pendaftaran anggota, peminjaman dan pengembalian buku. Peserta kembali ke ruangan semula untuk memaparkan hasil dari bimbingan teknis pada tiap bidang. Dalam kegiatan ini, peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan kegiatan bimbingan teknis ini untuk penyelenggaraan perpustakaan di setiap kecamatan, kewilayahan sampai masyarakat yang dimulai dengan perencanaan fasilitas perpustakaan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan, mempromosikan layanan perpustakaan, menyelenggarakan kegiatan untuk menarik minat baca masyarakat, dan dapat mengembangkan perpustakaan secara berkelanjutan.

No Comments

    Leave a reply