Pengumuman

KUNJUNGAN KERJA/STUDI KOMPARASI KE DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA JOGJAKARTA

Artikel Telah Dibaca 6 Kali

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung yang diwakili oleh Bidang Sistem Teknologi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung menyelenggarakan Kegiatan “Kunjungan kerja/studi komparasi terkait pengembangan web ”. Yang dilaksanakan pada tanggal 4 agustus 2017 yang bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogjakarta.

Kegiatan “Kunjungan kerja/studi komparasi terkait pengembangan web” dipimpin oleh Kepala Bidang IT Perpustakaan dan Kearsipan, Ibu Hj. Euis Nelliwati, SH., MM. yang bertindak sebagai Moderator, sedangkan narasumber yang memberikan paparan pada kegiatan tersebut adalah Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogjakarta.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogjakarta Aplikasi untuk Bidang Perpustakaan di DISPUSIP Jogjakarta yaitu memakai Siprus (Sistem Informasi Perpustakaan), dan tidak memakai inlislite sebagaimana yang diwajibkan oleh Perpusnas;

Untuk menarik minat baca pemustaka, DISPUSIP Kota Jogjakarta menggunakan Istilah-istilah yang unik seperti MONIKA (Mobil Internet Kewilayahan), PUSPITA (Perpustakaan Alternative Kota Jogja), RAISA (Ruang Diskusi Istimewa) SISKA (Saran Informasi Pemustaka), JAMILA (Jaminan Layanan Prima) TAMARA (Taman Masyarakat Sambung Rasa), BELINDA (Blind Corner Untuk Anda), POPI (Pojok Lipi) tempat ini dibangun di halaman gedung DISPUSIP Kota Jogjakarta berupa gazebo serta mempunyai Cafe.

Jumlah Pemustaka per hari mencapai 900 0rang, hal ini dikarenakan koordinasi yang baik dengan Dinas Pendidikan Kota maupun Propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta, jam layanan perpustakaan di DISPUSIP Kota Jogjakarta dari jam 08.00 Pagi sampai dengan jam 12.00 Malam.
Sistem Informasi Teknologi nya masih dikelola oleh Diskominfo serta ditunjang dengan akses internet sebesar 35 Mbps.

~ Bidang Teknologi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung

No Comments

    Leave a reply