Pengumuman

Latar Belakang – Kantor Pusarda Kota Bandung

Artikel Telah Dibaca 225 Kali

  • Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KaPusArDa) Kota Bandung tahun 2013 – 2018 disusun dengan maksud untuk menyediakan sebuah dokumen perencanaan yang komprehensif berwawasan lima tahun dan akan digunakan sebagai acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung mulai tahun 2013 sampai dengan tahun 2018. Hal ini merupakan implementasi dari Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Di samping itu, Renstra KaPusArDa Kota Bandung merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan jangka Menengah (RPJM) Kota Bandung tahun 2013 – 2018 yang berkedudukan sebagai dokumen perencanaan induk di Kota Bandung.

    Rencana Strategis KaPusArDa Kota Bandung menggambarkan bagaimana setiap isu strategis akan direncanakan, sehingga mencakup sejumlah langkah yang dirancang untuk mencapai setiap strategi yang dicanangkan, termasuk pertanggungjawaban dari suatu program dan kegiatan. Renstra juga merupakan komitmen Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung terhadap kebutuhan nyata untuk mengatasi persoalan yang dihadapi sekarang ini, dimana serangkaian rencana tindakan dan kegiatan yang mendasar dibuat oleh pimpinan SKPD sehingga dapat diimplementasikan oleh seluruh jajaran dalam rangka pencapaian  tujuan organisasi. Rencana strategis mengandung  visi, misi, tujuan, sasaran serta cara mencapai tujuan dan sasaran yang meliputi kebijakan program dan kegiatan yang realistis dan mengantisipasi perkembangan masa depan.

    Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung ini memiliki fungsi dan peran yang sangat strategis dalam rangka mengembangkan otonomi daerah, hal ini ditunjang oleh Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2007 Tentang Urusan Pemerintah Daerah Kota Bandung. Berdasarkan Peraturan Daerah dimakud, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung mengemban amanah sebagai pelaksana Urusan Wajib Perpustakaan dan Urusan Wajib Kearsipan. Dalam peranannya sebagai pelaksana Urusan Wajib Perpustakaan, lembaga harus mampu untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui bahan bacaan atau literature yang terseleksi dan up to date. Dalam perananannya sebagai pelaksana Urusan Wajib Kearsipan, lembaga harus mampu mendorong SKPD untuk melaksanakan penyelenggaraan kearsipan secara baku serta mengamankan arsip-arsip statis yang memiliki nilai sejarah di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

    Untuk melaksanakan fungsi dan peran sebagaimana tersebut di atas, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung menyusun beberapa program dan kegiatan yang diharapkan dapat mendukung pencapaian target yang ditetapkan dengan memaksimalkan anggaran dan sumber daya manusia yang tersedia termasuk Pejabat Fungsional Pustakawan dan Pejabat Fungsional Arsiparis.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung
No Comments

    Leave a reply