Pengumuman

LOMBA BERCERITA (STORY TELLING) TINGKAT TK, SD/MI, DAN GURU PAUD SE-KOTA BANDUNG

Artikel Telah Dibaca 440 Kali

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung menggelar Lomba Bercerita (Story Telling) Tingkat TK/PAUD, SD/MI, dan Guru PAUD se-Kota Bandung. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 26 April 2017, mengangkat tema Cerita Rakyat. Kegiatan ini digelar di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) yang beralamat di Jl. Seram No. 2 Kota Bandung.

Kepala Dispusip Kota Bandung, Drs. H. Herry Moch. Djauhari, MM dalam sambutannya mengatakan selain tempat untuk budaya literasi, perpustakaan diharapkan menjadi tempat rekreasi sekaligus edukasi. “Dengan gedung yang mewah dan strategis (pusat kota) ini, kami sadar jika penataan gedung belum maksimal sebagai perpustakaan. Untuk itu kita terus berbenah memperbaiki pelayanan sehingga perpustakaan Kota Bandung bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Bandung. Kegiatan ini pun jadi salah satu upaya dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung”, ucap Herry.

Drs. Prim Aquarinto selaku ketua penyelenggara lomba story telling ini‎  menjelaskan teknis pelaksanaan dan jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut. “Untuk peserta dari kategori Guru PAUD sebanyak 20 peserta, lalu dari kategori SD/MI sebanyak 40 peserta dan di kategori TK/PAUD diikuti oleh 20 peserta. Untuk kategori SD/MI‎ diharapkan bisa menjadi wakil Kota Bandung pada lomba bercerita di tingkat provinsi Jawa Barat hingga tingkat nasional”, tutup Prim Aquarianto.

Lokasi lomba story telling untuk kategori TK/PAUD bertempat di ruang layanan baca anak. Lalu untuk kategori SD/MI dilaksanakan di halaman gedung Dispusip Kota Bandung, sedangkan untuk kategori guru PAUD dilaksanakan di lantai 3 tepatnya di ruang auditorium. Adapun peraturan dari lomba story telling ini yaitu, masing-masing peserta diberikan waktu selama 7 menit, dimana waktu dihitung ketika peserta telah memasuki awal cerita dan bersamaan dengan dinyalakannya lampu berwarna hijau yang terletak di depan stage (panggung).

Kemudian setelah memasuki menit ke-5 lampu berwarna kuning dinyalakan sebagai tanda peringatan bahwa waktu yang tersisa tinggal 2 menit. Setelah waktu menginjak menit ke-7 maka lampu berwarna merah akan menyala, menandakan bahwa waktu yang diberikan telah habis, namun peserta masih diberikan kesempatan hingga cerita yang disampaikannya selesai, dengan catatan kelebihan durasi waktu akan menjadi penilaian dan pertimbangan dari dewan juri.

Pengumuman Juara per kategori langsung diumumkan pada sore harinya. Berikut ini adalah nama-nama pemenang/juara Lomba Story Telling 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung :

  • Kategori Tingkat TK/PAUD :
  • Juara I : Rico Raqilla dari KOBER Imanda
  • Juara II : Aninda Azzahra dari TK Nurul Islam
  • Juara III : Aksara Ingkang  dari PAUD Larealit.
  • Kategori Tingkat SD/MI :
  • Juara I : Melati Puspitasari dari SDN Cikutra
  • Juara II : Selly Siti Nurjanah dari SDN 243 Cicabe
  • Juara III : Sahda S Widya dari SDN Jakapurwa
  • Kategori Tingkat Guru PAUD :
  • Juara I : Wini Nurhamidah dari PAUD Catelya
  • Juara II : Chlaria Dewi dari PAUD Al-Rasyada
  • Juara III : Yunia Arfianti dari PAUD Cempaka IX

Dari pelaksanaan lomba bercerita ini, para guru PAUD diharapkan ‎bisa memberikan materi pembelajaran dengan nilai-nilai moral yang dipenuhi kearifan lokal. Sedangkan untuk tingkat TK ataupun SD/MI diharapkan dapat meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri berbicara didepan umum dan termotivasi untuk semakin banyak membaca serta mencintai cerita rakyat yang ada serta memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak tersebut.

Harapan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung dengan diselenggarakannya kegiatan lomba story telling ini yakni, dapat meningkatnya budaya minat baca masyarakat serta bisa menjadi salah satu upaya pengenalan perpustakaan sebagai objek wisata edukatif dan bermanfaat.

Editor's choice 2017
No Comments

    Leave a reply