Pengumuman

Pengembangan WEB dan Sistem Aplikasi Perpustakaan dan Kearsipan

Artikel Telah Dibaca 257 Kali

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DISPUSIP) Kota Bandung melaksanakan rapat pengembangan web dan sistem aplikasi perpustakaan kearsipan berbasis teknologi informasi bertempat di ruang rapat lantai 3 gedung Dispusip jalan P. Seram Luwuk Banggao Nomor 2 Bandung. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Hari Rabu dan Kamis tanggal 22-23 Maret 2017.

Kegiatan tersebut membahas mengenai web dan sistem aplikasi yang akan dikembangkan oleh Dispusip melalui bidang sistem teknologi informasi perpustakaan kearsipan. Selain website (www.dispusip.bandung.go.id), sistem aplikasi perpustakaan dan kearsipan yang telah dimiliki Dispusip diantaranya Inlislite (Integrated Library System) V3, SMS Gateway, Statistik Perpustakaan, Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dan Sistem Informasi Kearsipan Statis (SIKS).

Inlislite merupakan aplikasi otomasi perpustakaan untuk mengelola koleksi perpustakaan dan pelayanan secara digital, contoh fitur yang ada dalam inlislite yakni e-member atau pendaftaran anggota perpustakaan secara online serta e-catalog dimana buku yang telah diinput secara komputerisasi/digital dapat ditampilkan dalam laman web Dispusip itu sendiri.

Selain itu aplikasi SMS Gateway dan Statistik Perpustakaan merupakan aplikasi pendukung Inlislite yang saling terintegrasi dan bertujuan untuk memberikan informasi atau pesan kepada masyarakat luas mengenai data-data yang tersedia pada bidang pengelolaan perpustakaan.

Sedangkan aplikasi SIKD dan SIKS merupakan aplikasi berbasis digital bidang pengelolaan kearsipan yang dibuat untuk mempermudah pengklasifikasian arsip serta bertujuan agar masyarakat umum juga mengetahui bahwa arsip merupakan data penting yang dapat bermanfaat bagi kehidupan.

Seluruh sistem yang dimilki Dispusip sangat mendukung baik dari sisi petugas atau karyawan Dispusip karena dapat mempermudah dalam melakukan pekerjaan dan juga bermanfaat bagi masyarakat umum karena tersedianya informasi mengenai berita dan kegiatan Dispusip yang dapat diketahui oleh masyarakat.

Oleh karena itu Dispusip juga terus mengupayakan agar seluruh sistem dapat berjalan secara optimal dan kekurangan yang dihadapi selama ini dapat dengan cepat disempurnakan agar pelayanan Dispusip terhadap masyarakat dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut turut didukung oleh Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Kearsipan Ibu Neti Supriati, SH.,MSi seperti tergambarkan dalam video wawancara berikut.

Bidang Sistem Teknologi Informasi Perpustakaan dan Kearsipan

No Comments

    Leave a reply