Pengumuman

Sistem Informasi Perpustakaan Taman Bacaan Masyarakat (SIMACAM) Berbasis Web di Kota Bandung

Artikel Telah Dibaca 517 Kali

Perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang secara pesar membuat taman bacaan masyarakat yang berfungsi sebagai sumber informasi di kalangan masyarakat menyebabkan taman bacaan masyarakat harus merubah cara kerjanya. Perkembangan teknologi informasi tersebut secara tidak langsung memberikan dampak bagi pengelola taman bacaan masyarakat serta pengguna TBM tersebut. Perubahan pengelola taman bacaan masyarakat harus dapat memberikan pelayanan yang prima dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna TBM sementara pengguna TBM ingin terpenuhinya informasi yang cepat, tepat dan akurat. UU no. 43 tahun 2007 pasal 14 ayat 3 menyebutkan bahwa “setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi. Penerapan teknologi, informasi dan komunikasi sangat membantu dalam kegiatan manajemen perpustakaan.

Kegiatan menerapkan teknologi, informasi dan komunikasi di salah satu sumber informasi di masyarakat yaitu TBM salah satunya dengan menerapkan system otomasi perpustakaan. TBM yang menerapkan otomasi yaitu dalam kegiatan pengelolaannya sudah terkomputeriasis. Salah satu penerapan teknologi informasi yang dimanfaatkan oleh TBM adalah system informasi berbasis web.

Simacam atau Sistem Informasi Perpustakaan Umum Taman Baca Masyarakat ini merupakan pengelolaan taman bacaan masyarakat berbasis website. SIMACAM berbasis web dimana dalam segala pengoperasiannya menggunakan aplikasi browser internet yang umum digunakan oleh masyarakat untuk menjelajahi informasi di internet. SIMACAM ini dikembangkan sebagai sarana informasi satu pintu bagi pengelola Taman Baca Masyarakat untuk menerapkan otomasi perpustakaan. SIMACAM merupakan bagian dari penerapan otomasi perpustakaan di TBM sebagai pengembangan pengelolaan serta melayankan informasi berbasis website yang diakses melalui internet.

Akses SIMACAM di sini

No Comments

    Leave a reply