Pengumuman

Workshop Aktivasi Budaya Baca

Artikel Telah Dibaca 155 Kali

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung menggelar Workshop Aktivasi Budaya Baca Bagi Keluarga dan Masyarakat dengan tema Generasi Gemar Membaca Generasi Berbudaya Agen Perubahan yang diselenggarakan di Grand Pasundan Convention Hotel, Selasa, 6 Desember 2016. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ibu Dr. Hj. Evi Saleha, selaku Asisten Administrasi Pemerintahan yang mewakili Walikota Bandung. Kepala KAPUSARDA Bapak H. Adin Mukhtarudin, SH. MH. dalam memberikan sambutan. Laporan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya budaya baca.

Adapun sasaran kegiatan untuk unsur kewilayahan terdiri dari Camat, Kepala TP. PKK dan unsur Aparatur Kewilayahan. Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menjelaskan bahwa pentingnya mengembangkan budaya baca masyarakat Karena perpustakaan menjadi wahana belajar sepanjang hayat. Untuk itu, KAPUSARDA selaku lembaga Perpustakaan Daerah di Kota Bandung mengajak seluruh masyarakat untuk berperan serta merealisasikan regulasi tersebut. Salah satu caranya yaitu dengan membangun perpustakaan pada masing-masing kelurahan di Kota Bandung.

Pada kegiatan ini disampaikan materi mengenai “Pengarusutamaan Generasi Gemar Literasi” oleh Ibu Muftiah Yulismi S.Psi. Perempuan kelahiran Jakarta ini menyampaikan bahwa dalam usaha membangun literasi informasi pada masyarakat harus dimulai sejak dini dan dimulai dari keluarga terlebih dahulu. Peran keluarga dalam memperkenalkan budaya membaca pada anak merupakan langkah dasar karena keluarga adalah lingkungan sosial terdekat dengan anak sekaligus yang paling memahami karakteristik pada anak.

Pemateri kedua, Ibu Muliani Suherman menyampaikan materi mengenai “Aktivasi Budaya Baca”. Perempuan yang mempunyai latar belakang sebagai tenaga pendidik ini memberikan pemahaman baru dalam meningkatkan minat baca pada masyarakat. Berdasarkan pengalamannya di berbagai bidang, beliau dipercaya sebagai salah satu pengembang Library in the Box. Library in the Box merupakan perpustakaan yang ditempatkan di ruang publik dan dikelola oleh komunitas. Saat ini keberadaan library in the box sudah terdapat di beberapa pusat perbelanjaan (Mall) di Kota Bandung, seperti Bandung Indah Plaza (BIP), Braga City Walk, Metro Indah Mall (MIM), Festival City Link dan Balubur Town Square (Baltos). Selain di pusat perbelanjaan, library in the box juga terdapat di beberapa taman tematik Kota Bandung, seperti Taman Panatayuda, Taman Bagusrangin, Taman Tongkeng, Taman Film, Taman Tegalega, Taman Lansia dan masih banyak lagi.

Materi terakhir disampaikan oleh KAPUSARDA Kota Bandung tentang strategi Pengembangan Perpustakaan yang bertranformasi dan pada akhir materi telah disusun pemetaan Analisa dan kewilayahan sebagai bahan penyusunan RTL (Rencana Tindak Lanjut).

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semua lapisan masyarakat mampu terlibat dalam mewujudkan pembelajaran sepanjang hayat. Bukan hanya perpustakaan saja selaku penyedia, tetapi juga masyarakat mampu bersinergi dalam memanfaatkan perpustakaan yang ada. Sehingga kegiatan-kegiatan yang diinisiasi oleh perpustakaan guna mewujudkan pembelajaran sepanjang hayat mampu tercapai.

No Comments

    Leave a reply